Search box

RSS feed

About Author

Footer

RSS

'MONETER INTERNASIONAL'

A. Sistem MoneterInternasional
Sistem MoneterInternasional atau juga biasa disebut sebagai Regime Moneter Internasional berhubungan dengan aturan-aturan, kebiasaan, instrumen-instrumen, fasilitas-fasilitas dan organisasi untuk mempengaruhi pembayaran internasional. Perubahan sistem moneter diakibatkan oleh gejolak ekonomi yaitu ketidakstabilan ekonomi serta proses penyesuaian neraca pembayaran internasional. Sistem moneter dapat dievaluasi berdasarkan penyesuaian, likuiditas dan kepercayaan.
Sistem Moneter Internasional dapat dikelompokkan menjadi :
a. Bagaimana cara nilai tukar ditentukan
1. Fixed exchange rate sustem with narrow band fluctuation
2. Fixed exchange rate sustem with wide band fluctuation
3. Managed floating exchange rate system
4. Freely exchange rate system

b. Bentuk cadangan asset internasional
1. Gold standar
2. Exchange standart tanpa emas
3. Gold exchange standard (campuran standard dan exchange standard)


B. Perkembangan sistem moneter
1. Sistem Standar Emas 1870 - 1914
Ditetapkankannya nilai poundsterling dengan emas oleh pemerintah Inggris . Karena perkembangan industri dan perdagangan dunia yang berkembang pada abad 19 serta diperkuat dengan ditemukannya tambang emas di Amerika dan Afrika, maka sistem standar emas dipakai oleh banyak negara. Selain itu, emas dapatdiekspor dan diimpor antar negara.
Dengan adanya PD I, serta depresi dunia tahun 1930-an, mengakibatkan negara-negara Eropa mengalami inflasi serta ketidakstabilan politik. Sistem moneter internasional menjadi kacau, dan menimbulkan ketidakpercayaan dunia terhadap pound streling yang masih dikaitkan dengan emas. Sistem standar emas penuh menjadi sistem standar emas campuran, dimana pembayaran yang digunakan untuk perdagangan internasional adalah mata uangdari emas, sedangkan untuk perdagangan domestik sudah mulai menggunakan mata uang masing-masing negara (uang kertas dan logam bukan dari emas).

2. Zaman Bretton Woods, 1944 – 1973
Dengan gugurnya sistem standar emas, maka diselenggarakan International Monetary and Financial Conference, 1-22 Juli1944 di BrettonWoods, New Hampshire-USA, menghasilkan Articles of Agreemet tentang pendirian IMF dan World Bank, yang bertujuan untuk mengatur dan meletakkan dasar pengaturan sistem moneter internasional. Dalam perjanjian Bretton Woods terbentuk dua badan internasional, yaitu International Bank for Recontruction and Development, yang sekarang dikenal dengan Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional.
Cara kerja system Bretton Wood adalah menetapkan nilai tukar mata uang suatu Negara terhadap dollar sama dengan nilai tukar keseimbangan di pasar valas, maka Bank Sentral tidak perlu melakukan tindakan apa-apa untuk mempengaruhi nilai tukar. Sistem kurs valuta asing yang dipakai semula adalah kurs tetap dan tidak memperbolehkan negara anggota melakukan pengawasan devisa (exchange control) kecuali mengalami krisis moneter atau defisit neraca pembayaran yang hebat.
Runtuhnya Bretton Woods System
Ditandai dengan permasalahan-permasalahan penyesuaian, likuiditas dan kepercayaan terhadap dollar, yang terjadi karena:
•Defisit BPO USA sejak tahun 1960, karena:
•Besarnya arus modal keluar (capital outflow) dari USA ke Eropa.
•Kebijakan politik luar negeri USA sebagai polisi dunia sehingga memerlukan dana yang banyak untuk membiayai tentaranya di luar negeri.
•Pertumbuhan ekonomi Eropa dan Jepang yang pesat, yang ditandai dengan semakin banyaknya produk-produk negara ini, sehingga semakin banyak dollar yang beredar di luar negeri.
•Enam negara Eropa yang tergabung dalam European Common Market memutuskan untuk membiarkan mata uangnya mengambang terhadap dollar .

3. Sistem Semenjak 1973
Sejak tahun 1973, sistem moneter internasional merupakan campuran antara kurs tetap dengan kurs berubah-ubah. Mata uang beberapa negara besar berfluktuasi tergantung dari permintaan dan penawaran, dan seringkali penguasa moneter negara tersebut melakukan campur tangan di pasar valuta asing untuk mengurangi fluktuasi kurs yang berlebihan.

By: Medinah A (10311597)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar