Search box

RSS feed

About Author

Footer

RSS

Iklan Sebagai Ladang Kreativitas




Komunikasi pemasaran alias publikasi alias promosi alias iklan, atau sering juga disebut advertisment adalah cara ter-ampuh untuk menunjukan keunggulan,kebolehan, dan ke-istimewaan suatu produk barang atau produk jasa, agar konsumen tertarik untuk memilih produk tersebyt sebagai salah satu barang konsumsinya.

Bisa dikatakan komunikasi pemasaran atau yang lebih dikenal dengan iklan ini, merupakan ladang kreatifitas bagi para marketer untuk mengkomunikasikan produknya kepada calon konsumennya.

Hal ini terlihat jelas di layar televisi kita setiap hari. Akan terlihat bagaimana para perusahaan berlomba-lomba untuk mempromosikan produk-produk mereka. Terlebih untuk beberapa produk yang sejenis, seperti: Teh, Shampoo, Detergen, dan yang paling dahsyat persaingannya dalam mengkomunikasikan produknya adalah Cellular Card atau Kartu Seluler. Kita tidak tahu target apa yang ingin dicapai oleh perusahaan kartu-kartu tersebut, dalam mengkomunikasikan produknya dengan cara seperti itu. Karena sepertinya, konsumen jelas akan memilih produk mana yang paling berkualitas untuk mereka gunakan.

Terlepas dari berbagai cara kreatif dalam komunikasi pemasaran. Sistem dalam suatu komunikasi pemasaran pun kerap diajarkan dalam seminar-seminar atau ceranah bisnis di negeri kita ini. Bahkan di salah satu Universitas di indonesia ini, justru menugaskan mahasiswa dan mahasiswi nya untuk melakukan simulasi tentang komunikasi pemasaran terhadap suatu produk. Dimana mereka diminta untuk memilih suatu produk barang atau produk jasa, kemudian mengkomunikasikan produk terpilih tersebut, di depan kelas, dosen dan juga tim penilai. Tentu saja dalam simulasi tersebut terdapat sesi pemberian kritik dan saran tentang apa yang harus dibenahi dalam mengkomunikasikan suatu produk. Nilai plus dalam simulasi ini, dapat diketahui tingkat kreativitas para mahasiswa dan communiaction skill dalam melakukan komunikasi pemasaran suatu produk.

Tetapi semenarik apapun sistem yang digunakan oleh suatu perusahaan dalam melakukan komunikasi produk, Brand and Quality tetap mempunyai pengaruh yang besar terhadap tingginya tingkat permintaan suatu produk. Karena walaupun pemasaran atau pengiklanan dilakukan semenarik mungkin, Brand and Quality merupakan kepercayaan para konsumen terhadap layak atau tidak dikonsumsinya suatu produk.

Endah Diah Istiqo
10311564

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Sparkling Area mengatakan...

woaaaah...endah promosiii

Posting Komentar