Search box

RSS feed

About Author

Footer

RSS

Komunikasi terhadap Konsumen


Dalam pemasaran, hubungan baik antara produsen dan konsumen sangatlah penting. Hubungan itu diperlukan dalam pengembangan bisnis produsen ke arah yang lebih luas lagi. Produsen harus memberikan yang terbaik bagi konsumennya. Pelayanan yang semacam ini dinamakan customer service. Customer service sangat menentukan tingkat kepuasan konsumen. Salah satu cara meningkatkan customer service adalah dengan komunikasi pemasaran. Komunikasi pemasaran bias dilakukan dengan cara seperti berikut:

1. Apabila konsumen dating, sapalah dia dengan kalimat sapaan seperti “selamat pagi” atau “selamat datang” yang disertai dengan senyum.
2. Tanyakan apa yang ia butuhkan. Layani konsumen dengan ramah dan senang hati. Jangan cemberut atau menggerutu karena akan memunculkan kesan jelek terhadap anda sebagai produsen atau penjual.
3. Bantu konsumen dalam menemukan semua kebutuhannya dengan baik. Tawarkan dia pada produk-produk terbaik yang anda miliki.
4. Sesudahnya konsumen melakukan pembayaran, jangan lupa ucapkan “terimakasih” dan “selamat dating kembali” yang diikuti dengan senyuman.
5. Sediakan kotak saran atau nomor contct person yang melayani keluhan pelanggan.
6. Sediakan fasilitas-fasilitas khusus bagi konsumen. Seperti diskon khusus, hadiah undian, kupon, bingkisan hari raya atau layanab pesan antar.

Keenam hal tersebut merupakan sebagian cara komunikasi terhadap konsumen yang mungkin bias diaplikasikan dalam kegiatan ekonomi untuk mencapai excellent service (servis yang sangat memuaskan). Bagaimanapun, konsumen adalah asset berharga dalam suatu bisnis. Asset inilah yang harus dipertahankan sebagai objek pemasaran produsen.

So, satisfaction of the consument is depend on your service. Your great service is depend on your good communication.

By :Eka Sharfina. S (10311568)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar