Search box

RSS feed

About Author

Footer

RSS

KOMUNIKASI PEMASARAN UNTUK MEMBANGUN “BRAND IMAGE”

Komunikasi pemasaran menjadi salah satu elemen yang sangat penting demi keberhasilan suatu perusahaan dalam melakukan penjulan barang atau jasanya. Komunikasi pemasaran berfungsi sebagai media untuk memperkenalkan produk perusahaan secara luas kepada masyarakat atau kepada segmen tertentu yang diinginkan. Komunikasi pemasaran juga dapat mempengaruhi berhasil tidaknya suatu perusahaan tergantung bagaimana strategi yang digunakan. Maka dari itu, perusahaan harus memperhatikan hal itu secara serius jika ingin tetap bertahan di era persaingan yang sangat ketat seperti sekarang ini.

Dalam komunikasi pemasaran (marketing communication), iklan dan promosi memang punya peran paling penting dalam pembangunan brand image. Hal ini disebabkan karena kegiatan ini mempunyai target audience luas, sehingga dalam waktu relatif singkat pesan yang ingin disampaikan tentang brand lebih cepat sampai. Banyak perusahaan yang belum menyadari bahwa membangun brand image dengan komunikasi pemasaran tidak sebatas lewat iklan dan promosi saja. Ada banyak kegiatan lain yang juga berdampak besar. Contohnya adalah :

•Desain kemasan, termasuk isi tulisan/pesan yang disampaikan
•Event, Promosi di toko, promosi di tempat umum, dan kegiatan below the line lainnya
•Iklan tidak langsung yaitu yang bersifat public relations
•Corporate Social Responsibility (CSR) yaitu kegiatan-kegiatan sosial untuk komunitas yang dilakukan oleh perusahaan
•Customer Services, bagaimana perusahaan menangani keluhan, masukan dari konsumen setelah terjadi transaksi
•Bagaimana karyawan yang bekerja di lini depan / front liners (apakah itu bagian penjualan, kasir, resepsionis, dll) bersikap dalam menghadapi pelanggan,
•dan lain-lain

Jenis tipe komunikasi dalam daftar di atas adalah kegiatan-kegiatan yang baik buruknya tergantung dari keinginan perusahaan, semuanya dapat dikontrol/dikendalikan. Komplikasi justru akan muncul dari kegiatan-kegiatan komunikasi seputar brand oleh pihak lain yang tidak bisa dikontrol oleh perusahaan, misalnya komunikasi oleh konsumen langsung. Mereka bisa menyebarkan pada networknya berita kurang menyenangkan yang mereka alami pada saat berinteraksi dengan brand (yang diwakili oleh banyak hal, termasuk front liners di perusahaan). Word-of-mouth communication adalah salah satu jenis komunikasi yang sangat efektif, dan berbahaya apabila itu menyangkut publisitas buruk.

Komplikasinya ditambah dengan keberadaan Internet. Kecepatan penyebaran berita bahkan bisa berlipat-lipat. Mereka bisa menuliskan pengalaman berinteraksi dengan brand dari sudut perspektif mana saja, tanpa bisa diatur-atur seperti halnya berhubungan dengan tradisional media.

Jadi, pada dasarnya perusahaan perlu memperhatikan semua elemen komunikasi dalam bentuk apapun yang menghubungkan konsumen dengan brand perusahaan. Minimalkan kemungkinan terjadinya ketidakpuasan konsumen, sehingga berita seputar brand bisa selalu merupakan berita baik.

Oleh: Gunawan Juni. L

Sumber: swa.co.id

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar