Search box

RSS feed

About Author

Footer

RSS

DAMPAK GLOBALISASI EKONOMI TERHDAP PERDAGANGAN INTERNASIONAL


Perdagangan Internasional adalah perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain atas dasar kesepakatan bersama. Pendudukan yang dimaksud dapat berupa antar perorangan (individu dengan individu), antara individu dengan pemerintah suatu negara atau pemerintah suatu negara dengan pemerintah negara lain. Menurut Amir, M.S. seorang pengamat ekonomi, bila dibandingkan dengan pelaksanaan perdagangan Internasional sangatlah rumit dan kompleks. Kerumitan tersebut antara lain disebabkan karena adanya batas-batas politik dan kenegaraan yang dapat menghambat perdagangan internasional, misalnya dengan adanya perbedaan budaya, bahasa, mata uang, taksiran dan timbangan, dan hukum perdagangan.
Globalisasi adalah sebuah istilah yang memiliki hubungan dengan peningkatan keterkaitan dan ketergantungan antarbangsa dan antarmanusia di seluruh dunia dunia melalui perdagangan, investasi, perjalanan, budaya populer, dan bentuk-bentuk interaksi yang lain sehingga batas-batas suatu negara menjadi semakin sempit. Dalam banyak hal, globalisasi mempunyai banyak karakteristik yang sama dengan internasionalisasi sehingga kedua istilah ini sering dipertukarkan. Sebagian pihak sering menggunakan istilah globalisasi yang dikaitkan dengan berkurangnya peran negara atau batas-batas negara. Sedangkan globalisasi ekonomi adalah kehidupan ekonomi global yang bersifat terbuka dan tidak mengenal batas-batas territorial, atau kewilayahan antara daerah yang satu dengan daerah yanglain. Disini dunia dianggap sebagai suatu kesatuan yang semua daerah dapat terjangkau dengan cepat dan mudah. Sisi perdagangan dan investaris menuju kearah liberalisasi kapitalisme sehingga semua orang bebas untuk berusaha dimana saja dan kapan saja didunia ini. Globalisasi perekonomian merupakan suatu proses kegiatan ekonomi dan perdagangan, dimana negara-negara diseluruh dunia menjadi suatu kekuatan pasar yang semakin terintegrasi dengan tanpa rintangan batas territorial negara. Globalisasi perekonomian mengharuskan penghapusan seluruh batasan dan hambatan terhadap arus modal barang dan jasa.
Berikut ini beberapa hal berkembangnya globalisasi antara lain: Perubahan dalam Konstantin ruang dan waktu. Perkembangan barang-barang seperti telepon gengam, computer fortable, televisi satelit, dan internet menunjukkan bahwa komunikasi global yang terjadi saat ini semakin cepat. Sementara pergerakan massa semacam turisme memungkinkan kita merasakan banyak hal dari budaya yang berbeda. Kemudian ekonomi dan produksi pasar yang ada di negara-negara yang berbeda menjadi saling bergantung akibat dari pertumbuhan perdagangan internasional, peningkatan pengaruh perusahaan multinasional, dan dominasi organisasi semacam World Trade Organization (WTO).

Salah satu dampak negatif dari globalisasi ekonomi dapat dirasakan oleh para pengusaha kecil, dimana kalau mereka tidak  bersikap produktif dan inovatif maka akan kalah dalam bersaing dengan pengusaha -pengusaha dari luar. Hal ini juga tidak dapat terlepas dari sikap masyarakat yang cenderung lebih memilih produk-produk import, biasanya dengan alasan branding dan gengsi. Padahal kalau kita amati, produk-produk hasil karya anak negeri juga tidak kalah kualitasnya. Mungkin perlu diadalakn pendekatan dan pengenalan kepada masyarakat tentang pentingnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri, agar perekonomian kita tidak dikendalikan oleh pengusaha-pengusaha dari luar negeri. Adapun dampak positif globalisasi ekonomi salah satunya yaitu dari segi konsumen akan cepat mendapatkan barang yang dikehendaki, yang biasanya barang tersebut cuma bisa dilihat di TV. Dan juga tidak akan ketinggalan informasi tentang produk-produk baru yang lagi booming, contohnya sekarang ini kalau kita jalan-jalan ke mall akan sangat mudah menemukan produk-produk import yang bermerek, yang mungkin sebelum di berlakukannya globalisasi ekonomi hal tersebut tidak dapat kita temui.
Dampak Positif :
  1. Produksi global dapat ditingkatkan
  2. Meningkatkan kemakmuran masyarakat dalam suatu negara.
  3. Meluaskan pasar untuk produk dalam negeri.
  4. Dapat memperoleh lebih banyak modal dan teknologi yang lebih baik.
  5. Menyediakan dana tambahan untuk pembangunan ekonomi.
Dampak Negatif :
  1. Karena perkembangan sistem perdagangan luar negeri yang menjadi lebih bebas, sehingga dapat menghambat pertumbuhan sektor industri.
  2. Dapat memperburuk neraca pembayaran.
  3. Sektor keuangan semakin tidak stabil.
  4. Memperburuk proses pertumbuhan ekonomi jangka panjang.

Jadi ya bagaimanapun itu, baik dampak positif maupun negatif yang ditimbulkan dari globalisasi ekonomi, kita harus mempersiapkan diri untuk ikut bersaing, karena dengan melatih diri untuk terjun bersama dengan pesaing-pesaing dari luar, maka kitapun juga sekaligus dapat belajar dari mereka, sehingga akan dapat menguasai strategi ekonomi yang mereka gunakan.

Oleh : ANDEKI SOLIMURTIANSYAH PRAMJATI (10311579)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar