Search box

RSS feed

About Author

Footer

RSS

KOMUNIKASI PEMASARAN GLOBAL

KOMUNIKASI PEMASARAN GLOBAL

Pengertian Komunikasi pemasaran
Komunikasi pemasaran adalah aspek penting dalam keseluruhan misi pemasaran serta penentu suksesnya pemasaran. Sedangkan komunikasi pemaasaran global merupakan efektivitas komunikasi pemasaran yang melewati batas-batas negara.

Bentuk-bentuk Utama Dari Komunikasi Pemasaran :
• Personal Selling
• Advertising
• Sales Promotion
• Public Relations
1. Sponsorship Marketing
2. Publicity

 Personal Selling
Bentuk komunikasi antar individu dimana tenaga Penjual menginformasikan, mendidik,dan melakukan kepada calon pembeli untuk memebeli produk atau jasa perusahaan.
 Advertising
Segala bentuk presentasi non-pribadi dan promosi gagasan, barang atau jasa oleh sponsor tertentu yang harus dibayar.

Tujuan periklanan:
• Iklan Informatif
• Iklan Persuasif
• Iklan Perbandingan Iklan Mengingat

 Sales Promotion
Merupakan semua kegiatan pemasaran yang mencoba merangsang terjadinya aksi pembelian suatu produk yang cepat. Contohnya dengan menggunakan kupon, voucher, sampel, undian,dan discount.

 Public Relations
Upaya hubungan masyarakat dengan perusaahaan harus membantu perkembangan dan pemahaman diantara unsur-unsur pokok perusahaan baik yang di sdalam maupun yang di luar. Praktisi humas bertujuan menghasilkan publisitas yang baik. Personil humas juga memainkan peran kunci dalam merespon laporan media yang tidak menyenangkan atau kontrofersi yang timbul karena kegiatan perusahaan di belahan dunia lin.

Perkembangan Peranan Hubungan Masyarakat Dalam Komunikasi Pemasaran Global
Para profesional humas dengan tanggung jawab internasional mereka harus mampu melampaui hubungan media dan melayaninya lebih dari sekedar sebagai corong perusahaan, mereka dituntut untuk secara bersama-sama membangun konsensus dan pemahaman, menciptakan kepercayaan dan harmoni, pandai bicara dan mempengaruhi opini publik, mengantisipasi konflik dan menyelesaian perselisisihan.
Salah satu konsep dasar dari praktik humas adalah mengetahui siapa yang menjadi pendengar atau pemirsa. Bagi praktisi humas global, ini berarti mengetahui pemirsa di negara asal dan negara tuan rumah. Untuk itu, dibutuhkan keahlian khusus termasuk kemampuan berkomunikasi dalam bahasa negara tuan rumah dan akrab dengan adat istiadat lokal

Kegiatan humas di bagi menjadi 2 yaitu:
1. Sponsorship marketing
Aplikasi dalam mempromosikan perusahaan dan merek mereka dengan mengasosiasikan perusahaan atau salah satu dari merek dengan kegiatan tertentu. Misalnya: World Cup, Olympiade Games, dll.
Sponsorship meliputi dua kegiatan utama:
a. Pertukaran antara sponsor (seperti merek dan pihak yang disponsori seperti event olah raga
b. Pemasaran asosiasi oleh sponsor
 Event sponsorship
Merupakan bentuk promosi merek yang mengikat suatu merek dengan aktivitas pertandingan olah raga, hiburan, kebudayaan, sosial dan aktivitas politik yang menarik lainnya.
 Event sponsorship mempunyai banyak peluang untuk mencapai keberhasilan karena event-event tersebut menjangkau audiens ketika menerima pesan pemasaran serta menagkap orang-orang dalam suasana hati yang santai dan bahagia.

Empat Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Pertumbuhan Event Sponsorship:
1. Menghubungkan nama merek mereka dengan event khusus
2. Membantu perusahaan merespon kebiasaan media konsumen yang terus berubah
3. Membantu perusahaan memperoleh pengesahan dari berbagai pihak
4. Memungkinkan para pemasar untuk menargetkan upaya komunikasi dan promosinya ke daerah geografis tertentu atau kepada kelompok gaya hidup tertentu

2. Publicity
Merupakan segala bentuk presentasi non-pribadi dan promosi gagasan, barang atau jasa oleh sponsor tertentu untuk meningkatkan kesadaran akan merek dan menambah citra merek melalui asosiasi yang kuat dan menguntungkan dan menguntungkan dengan merek-merek dalam benak konsumen.

Variabel-variabel yang Mempengaruhi Komunikasi Pemasaran Global
A. Budaya
• Simbol
• Institusi dan kelompok
• Nilai
B. Media
Perkembangan media dipengaruhi oleh perubahan struktural dan regulasi menyangkut industri media di setiap negara. Banyak organisasi (media dan agen) berusaha tumbuh melalui deversifikasi dan pengembangan jaringan internasional (pertumbuhan organik dan aliansi). Ada kecenderungan terjadi peningkatan konsentrasi kepemilikan dan pengendalian terhadap sebagian besar industri media oleh sejumlah kecil organisasi atau individu.

Strategi Komunikasi Pemasaran Global
 Sebuah organisasi harus mengadaptasikan pesan eksternalnya agar bisa sesuai dengan kondisi negara lokal atau regional. Kebijakan standarisasi sukar dituntaskan karena menyangkut pertimbangan strategik dan kemampuan memahami lingkungan global secara komprehensif.
 Masing-masing merek perusahaan harus memiliki kepribadian merek yang kuat sehingga berhasil menciptakan identifikasi global dan nilai merek superior yang mampu melintasi berbagai budaya yang berbeda.
Oleh: Kris ani marine 10311588

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar