Search box

RSS feed

About Author

Footer

RSS

Manajemen Keuangan Islam

Manajemen Keuangan Islam adalah suatu ilmu atau bidang dalam manajemen yang membahas keuangan namun dalam pandangan Islam (menggunakan syari'at-syari'at islam). Syari'at-syari'at islam yang diterapkan manajemen ini adalah bagi hasil.

Manajemen ini mempelajari konsep bagi hasil tersebut untuk diterapkan pada kehidupan kita. Mengapa konsep manajemen ini adalah bagi hasil ? Karena islam mengharamkan riba, seperti contohnya pemberian bunga pada manajemen keuangan yang non Islam (biasa). Menurut saya, pembeda manajemen keuangan Islam dan manajemen keuangan biasa hanya pada suatu konsep itu tadi.

Sebagian konsep manajemen keuangan biasapun boleh diterapkan, namun harus disesuaikan dengan syari'at Islam yang dihalalkan Allah S.W.T . Ilmu atau bidang manajemen ini berguna bagi kita untuk melatih dan mendidik menjadi seorang manajer keuangan yang berkualitas dan Islami yang InsyaAllah bisa membuat kita sukses di dunia dan akhirat.

Oleh karena itu, sekarang sudah banyak yang menenerapkan seperti contohnya sebagian bank yang ada di Indonesia ini. Sebagian bank yang sudah menerapkan konsep manajemen keuangan Islam ini di dalamnya pada pelaksanaannya tidak mengalami kendala yang serius. Bahkan banyak keuntungan yang diperoleh karenanya. Semoga kita bisa menerapkan manajemen keuangan Islam ini untuk membangun negara kita, Indonesia tercinta.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Unknown mengatakan...

bagus sekali artikel nya…..

saya Izin promo yaah…
Ingin tau lebih banyak tentang ekonomi syari’ah???
Ingin tau bagaimana aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari???
Semuanya bisa didapatkan di website ini : http://syarifhidayat1992.blogspot.com
Jangan lupa comment nya yaa, dan ikuti juga polling pendapat dalam website ini…
Ditunggu kritik dan sarannya..
Dijamin, akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat, hehhee…
Terimakasih..
“Manajemen Keuangan Syari’ah, memperbaiki keuangan anda secara syari’ah !!!”

Website : http://syarifhidayat1992.blogspot.com

Posting Komentar