Search box

RSS feed

About Author

Footer

RSS

Interactive Marketing: Solusi Modern Komunikasi Pemasaran


Peranan internet dalam dunia pemasaran sudah sangat besar dan berpengaruh pada tingkat penjualan produk barang maupun jasanya. Dalam hal ini internet memegang peranan sebagai media penyampaian pesan dari perusahaan/marketers kepada konsumen secara luas. Pemasaran menggunakan internet memiliki beberapa perbedaan dibandingkan dengan menggunakan media massa, diantaranya:
a. Internet marketing lebih menekankan pada konsep pull medium daripada push medium. Pada umumnya, informasi mengenai produk disediakan oleh sang produsen kepada konsumen. Hal inilah yang disebut mekanisme 'push medium. Sedangkan, era internet membuat konsumennyalah yang berinisiatif untuk mencari tahu sendiri informasi mengenai produk yang bersangkutan lewat dunia maya. Inilah yang dinamakan mekanisme 'pull medium'.
b. Internet sebagai media digital memungkinkan terjadinya interaksi. Misalkan seorang pembeli ingin memesan produk melalui sebuah website, kemudian memungkinkan supplier untuk menghubungi sang pembeli melalui telepon ataupun email untuk menanyakan lebih lanjut dan lebih spesifik mengenai ketertarikannya pada produk yang terkait.
c. Internet marketing berpotensial untuk one-to-one atau many-to-many dibandingkan dengan one-to-many seperti pada media masa umumnya. Oleh karena itu, dengan mempergunakan internet marketing, hubungan perusahaan/marketer dengan konsumen menjadi lebih personal dan berbeda antara konsumen yang satu dengan yang lainnya. Media tidak lagi menjadi perantara produsen dengan konsumen melainkan konsumen lah yang dapat berinteraksi dengan media itu sendiri. Bahkan menurut Hoffman dan Novak, konsumen pun dapat mengambil peran dalam spesifikasi desain produk dan memberikan tanggapan atas produk-produk yang telah keluar.
d. Media dapat mengubah standar komunikasi pemasaran. Web site sebagai salah satu media internet marketing dapat memiliki fungsi yang sama seperti iklan di media masa yang memberikan informasi dan persuasi namun ia juga bisa mengambil peran dari direct selling yang memungkinkan pengunjung terlibat dalam dialog.
e. Perubahan saluran distribusi dan marketplace oleh media digital. Melalui web batasan-batasan keluar maupun masuk perusahaan semakin kecil.
Terdapat tiga elemen yang mempengaruhi keefektivan dari internet marketing, yaitu: encoding, noise, dan decoding. Encoding yaitu perancangan dan pengembangan konten dari website atau media internet lain. Semua pesan tergantung pada pemahaman dari target audience-nya. Noise merupakan pengaruh eksternal yang mempengaruhi kualitas pesannya. Sedangkan, decoding adalah proses menginterpretasikan pesan yang tergantung dari kemampuan kognisi dari penerima pesannya dan juga dipengaruhi dari lamanya waktu penggunaan internet.

Sebenarnya, penggunaan internet ini tidak bisa menjangkau konsumen secara keseluruhan. Maksudnya, tidak semua masyarakat menggunakan internet dalam kesehariaannya. Dalam studi kasus di United Kingdom, 72% orang menggunakan internet untuk mengirimkan email, 63% pengguna internet untuk melakukan riset, 58% untuk pendidikan, dan 53% orang menggunakan internet untuk mencari informasi mengenai produk barang atau jasa. Disamping itu, masyarakat pengguna internet memiliki caranya tersendiri dan tendensi yang berbeda-beda dalam menanggapi iklan. Oleh karena itu, marketers harus cerdas dalam menggunakan media ini. Maka, website harus mencakup konsep 6C agar website yang dibuat bisa efektif dalam mendukung komunikasi pemasaran. 6C tersebut mencakup Capture, Content, Community, Commerce, Costumer Orientation, dan Credibility. Capture menggunakan promosi online dan offline untuk memastikan agar pembeli mengunjungi website itu lagi. Cara yang dilakukan yaitu dengan memperhatikan bagaimana cara-cara promosi yang dilakukan dan memastikan website itu dilokasikan melalui search engine dengan mudah ketika kata kuncinya dimasukkan. Content menyediakan konten interaktif untuk membantu menjaring pembeli yang lebih banyak lagi. Community memfasilitasi adanya dialog antara kelompok pembeli dan membantu mendapatkan pembeli. Content inilah yang paling penting dalam sebuah website, content dapat mengandung nilai yang menjaga agar pembeli tidak lari. Customer memungkinkan adanya segmentasi konten untuk pembeli dengan tipe yang berbeda. Dan yang terakhir adalah credibility yang berfungsi membangun reputasi perusahaan agar dipercaya untuk diajak bekerjasama karena persaingan dalam dunia maya juga sangat tinggi. Hal ini dapat dilakukan dengan identitas brand yang berkualitas tinggi serta pemberian informasi mengenai perusahaan yang bersangkutan. Perlu diperhatikan pula bahwa website yang dibuat harus menarik, harus melibatkan minat serta partisipasi penggunanya, dan harus dapat menahan penggunanya agar kembali mengunjungi website itu kembali.
Perbedaan mendasar antara media komunikasi baru ini dengan media tradisional ada empat menurut Apaeters (1998), antara lain: communication style yang berubah; social presence atau komunikasi yang terjalin lebih sociable, hangat, personal dan aktif; konsumen memiliki kontrol terhadap kontak dan konsumen juga punya kontrol terhadap isi/kontennya. Sekarang ini, konsumen juga bisa berinteraksi dengan media, misalnya ketika pembeli melihat iklan di televisi, mereka harus menghubungi lebih lanjut untuk mengetahui secara spesifik produk yang ingin dibeli tetapi melalui internet interaksi menjadi lebih mudah karena dapat direspon secara langsung oleh pembeli dan dijawab secara langsung pula oleh marketers.
Pada masa sekarang ini internet marketing juga telah berkembang dari yang hanya komunikasi satu arah menjadi dua arah antara pengirim pesan dan penerima pesan. Disinilah dunia pemasaran kita telah memasuki era yang lebih baru lagi yang biasa dikenal dengan 'Interactive Marketing'. Konsep-konsep yang dipelajari dalam interactive marketing berbeda dengan media sebelumnya, dimana semakin melibatkan konsumen juga dalam penentuan pesannya serta menjalin hubungan dengan lebih personal dengan konsumen.

Yunita Woro Setyani (10311582)
(waena.org)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar