Search box

RSS feed

About Author

Footer

RSS

Kerjasama Ekonomi Internasional


Ekonomi Internasional dapat diartikan sebagai system ekonomi yang terjadi di dunia ini yang dilakukan oleh seluruh Negara di dunia. Dalam bidang ekonomi Internasional terjadi suatu system kerjasama ekonomi internasional antara Negara satu dengan Negara lainnya. Tujuan dari kerja sama internasional itu sendiri adalah mencukupi kebutuhan dalam negeri, meningkatkan produktivitas dalam negeri, memperluas lapangan kerja, dan meningkatkan pendapatan Negara melalui ekspor.
Kerja sama ekonomi internasional juga terjadi di Negara – Negara ASEAN. Negara – Negara ASEAN tersebut membentuk beberapa komite yaitu Komite bahan makanan, Pertanian, dan Kehutanan(CFAF) yang berkedudukan di Indonesia. 2. Komite Perdagangan dan Pariwisata disingkat (COTT) yang berkedudukan di Singapura. 3. Komite Keuangan dan Perbankan(COFB) yang berkedudukan di Thailand. Tidak hanya Negara ASEAN yang membentuk suatu organisasi tetapi Eropa juga membentuk organisasi yang bernama EEC yaitu singkatan dari European Economic Community organisasi ini bertujuan untuk menyusun politik perdagangan bersama dan mendirikan daerah perdagangan bebas antar Negara. EEC juga menjalin kerja sama perdagangan dengan Negara ASEAN.
Kerja sama ini sangat baik terutama bagi Negara berkembang seperti Indonesia. Yang mana dapat membantu meningkatkan pendapatan Negara. Selain itu juga dapat membantu Indonesia untuk dapat dikenal oleh Negara lain. Selain dapat meningkatkan ekonomi Indonesia kerja sama ini dapat membantu Indonesia memperluas jaringan untuk menyalurkan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke Negara Negara maju lainya.

(Fitri Novianti 10311577)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar